Selasa, 23 Agustus 2011

Rumus Reframing


Bismillah, semoga bermanfaat ya...



Reframing merupakan salah satu jantung dalam terapi yang sering digunakan oleh para terapis baik berbasis NLP maupun Hipnoterapi. sering sekali kita temukan bahwa konsep reframing itu sendiri sebenarnya adalah sederhana. yaitu mengubah "frame" berfikir dari sebuah kejadian dari yang kurang baik, menjadi lebih baik.



Maksudnya gimana sih?

Nah, misalnya saja nih, coba anda sekarang bayangkan sebuah foto jendral sudirman yang sering dipajang di kelas-kelas waktu kita masih SD. bagaimana warna pigura/frame nya?



Hmm...

Biasanya akan berwarna hitam.. atau coklat bukan? apa yang anda rasakan?



Biasa saja...

Yes! biasa saja!



Sekarang coba anda bayangkan warna frame nya berubah menjadi PINK!

Hmm..



Aneh!!



Yak! tepat sekali! ada perubahan makna di sana..

Itulah yang disebut reframing..

KONTEN foto jendral sudirman nya TETAP, hanya KONTEKS frame nya saja yang BERUBAH, sehingga MAKNA nya juga ikut berubah..



Dalam kehidupan sehari-hari mungkin hal ini biasa disebut berfikir positif.



Namun ada hal yang sedikit berbeda antara berfikir positif dan reframing. untuk hal ini tidak akan dijelaskan di note ini, mungkin di lain kesempatan ya...



Pada kebanyakan sahabat yang saya ajak share tentang Reframing, banyak yang berpendapat,"Emang sih Reframing itu bagus.. tapi ya gitu broo.. susah ngelakuinnya!"



Oh iya? siapa bilang? kalau tahu rumusnya insya Allah kita akan lebih mudah melakukannya dalam kehidupan sehari2...



Sahabat, inspirasi ini saya peroleh berawal dair pertanyaan seorang trainee yang bertanya kepada saya... "Kang, gimana ya caranya biar kita tuh gak mudah terpengaruh? misalnya aja kita lagi fb an kan sering tuh ngeliat status temen2 kita yang ngeluh.. jadinya kita gak semangat lagi deh"



Hingga pada akhirnya saya menjelaskan tentang Reframing seperti penjelasan saya di atas.

Dan pada malam ini saya coba membaca-baca status teman2 saya di fb dan twitter yang memang beberapa di antaranya banyak keluhan yang juga mempengaruhi kita untuk kurang semangat.



Tiba2 saya teringat dengan Reframing.. ya! reframing!

akhirnya saya coba untuk melatih diri mereframe ria setiap status negatif di fb maupun twitter. walau tidak tertulis dan hanya saya lakukan di pikiran saya, namun hal ini sangat menarik! hingga saya terkesima dengan apa yang saya lakukan dan teringat sebuah rumusan yang bisa kita terapkan dalam Reframing. Rumus apakah itu? mari kita lihat bersama...



Tentunya anda mengetahui konsep-konsep dasar dalam perkalian matematika bukan?

1. Jika (+) dikalikan dengan (+) maka hasilnya akan (+)

2. Jika (-) dikalikan dengan (+) maka hasilnya akan (-) --> begitu pula sebaliknya..

3. Jika (-) dikalikan dengan (-) maka hasilnya akan (+)



Sahabat... Reframing menggunakan rumus ke-3 dari konsep perkalian matematika di atas.

Ketika sahabat menemukan sebuah KONTEKS yang NEGATIF, maka sandingkanlah KONTEKS tersebut dengan KONTEKS lain yang NEGATIF pula... sehingga hasilnya menjadi POSITIF!



Contoh:

Duh ulangannya susah ya...

Reframe: Iya susah... susah dapet nilai jelek... :) --> positif



Gue pesimis Indonesia bisa maju..

Reframe: Iya, Gue juga pesimis Indonesia bisa maju, kalo kita gak ngelakuin apa-apa --> positif



Kesel banget deh sama orang itu! bikin males aja!

Reframe: Iya! bikin males! males ngelakuin hal yang gak bermanfaat! --> positif



...

So? yuk kita kita reframing!

Reframe your Word, Reframe your World

Tidak ada komentar:

Posting Komentar